Minggu, 12 Februari 2012

Perubahan Pada Ruminansia Kecil Sampai Dewasa

            Perubahan yang akan terjadi pada pertumbuhan dan perkembangan ternak dari kecil sampai dewasa adalah sebagai berikut :
a. Sumber energi
   Pada saat baru lahir, sumber energi ternak ruminansia berupa glukosa dan lemak, tetapi setelah saat   dewasa   sumber energi nya adalah VFA (volatil fatty acid). VFA ini terdiri dari asetat, butirat dan propionat.

b. Kegiatan enzim glikogenolisis
    Pada hewan ruminansia yang masih muda kegiatan dari enzim glikogenolisis lebih rendah dibanding ternak ruminansia dewas, sehingga ruminansia muda lebih dapat memanfaatkan glukosa daripada ruminansia dewasa.
Pada saat lahir kadar glukosa darah ruminansia sama tingginya dengan hewan monogastrik yaitu antara 100-120 mg %, sedangkan setelah dewasa kada gula darah menjadi 40-60 mg %.

c. Enzim peptidase
    Pada saaat lahir kegiatan dari Enzim peptidase sangatlah rendah, akan tetapi rennin dan pregastric esterase lebih tinggi kegiatannya dibanding hewan dewasa. Hal ini memberikan keuntungan pada saat penyerapan protein air susu, karena  protein air susu tidak banyak dirombak menjadi NH3

d. Enzim selulase dan urease
   Kedua enzim ini terdapat dalam rumen, yang mana proporsinya lebih banyak dan lebih giat pada ternak ruminansia dewasa. Enzim ini berfungsi untuk merubah serat kasar menjadi sumber energi.

2 komentar:

  1. wah kalo ngomongin enzim udah lupa.... maksudnya gak pernah nyantol ilmunya.

    salam kenal
    nice blogwalking

    BalasHapus